Day 1 (15 Agustus 2024)
Materi 1:
Materi ini disampaikan oleh pak Kombes Andi Aziz S.Ik., M. Kn . Dalam eras society 5.0,kita tahu banyaknya informasi dari dunia nyata ke dunia Virtual serta cara untuk menyimpan informasi menjadi berbagai macam bentuk. yang harus menjadi perhatian kita bahwa jenis-jenis kejahatan akan memiliki ragam bentuk pula.
Selain itu, pak Andi juga menjelaskan bahwa posisi mahasiswa saat ini adalah agent of change.adapun,ada cara untuk mahasiswa dapat menyampaikan aspirasi/pendapat seperti dengan menjaga ketertiban dan menjaga keutuhan bangsa
Materi 2 :peraturan Akademik UNILA
Materi disampaikan oleh wakil rektor 1,Dr.eng.Suripto Dwi Yuwono S.Si., M.T .
Materi ini menjelaskan tentang peraturan pindah studi,peraturan kemendikbud tentang tugas akhir,peraturan MBKM,dan penyelenggaraan pendidikan.pak Suripto juga menjelaskan kurikulum di tiap jenjang nya.D3 memiliki 120 kurikulum,
S1 dan D4 memiliki 144-160 kurikulum.
Materi 3 : bullying
Materi ini dijelaskan oleh Ibu Diah utami,S.PSi..,M.Pd . Ibu Diah menjelaskan bahwa setiap kita memiliki batas ambang masing-masing,perilaku bullying ditunjukkan untuk menyakiti,mengganggu,mengusik seseorang ataupun beberapa orang tertentu.alasan pembullyian bisa berupa kebencian,kedengkian,kecemburuan,dan ingin mendapatkan rasa dominan. Faktor terjadi pembullyian antara lain adalah lingkungan dan pengalaman. Jenis pembullyian seperti verbal,fisik,sosial,dan Cyber. adapun dampak pembullyian yaitu psikologis dan sosial.cara pencegahannya adalah kesadaran,workshop, pelatihan dosen dan staff,membuat tim penanggulangan,dan kampanye anti kekerasan.
Materi 4: kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi ini dijelaskan oleh pak Brigjen Rikas Hidayatullah S.E.,M.M . Seperti yang kita ketahui bangsa Indonesia terdiri dari 1340 Suku Bangsa,746 Bahasa,dan 17.508 pulau. Seringkali kemajemukan ini dieksploitasi untuk kepentingan tertentu.ini dikarenakan adanya proxy war yang menyerang IPOLEKSOSBUDHANKAM(ideologi,politik,ekonomi,sosial budaya,pertahanan,keamanan).Indonesia juga berada di letak geografis yang sangat strategis inilah yang membuat Indonesia kaya akan kekayaan alam hayati dan kekayaan alam non hayati.sebagai bangsa Indonesia harus menjaga Indonesia dengan sebaik-baiknya.selain materi wawasan kebangsaan,pak Rikas juga menjelaskan sifat seorang pemimpin yaitu membangun karakter,mengasah skill,melatih teamwork,mengembangkan passion. Pak Rikas juga menjelaskan sifat penting yang harus dimiliki seperti,berani percaya diri, pantang menyerah,memiliki daya juang tinggi,komunikatif,adaptif,motivasi tinggi,pandai bergaul.
Materi 5: Peran mahasiswa dalam era digital
Materi ini disampaikan oleh wakil walikota Bandarlampung Pak Dedi Amrullah.sebelum menyampaikan tentang arti penting mengenai pendidikan sendiri,pendidikan merupakan jalan kesuksesan bagi semua orang dengan itu pendidikan merupakan jalan pembuka untuk semua. Pendidikan dapat meningkatkan kecerdasaan,keterampilan,dan karakter seseorang.pendidikan pula juga dapat menanamkan nilai moral,kebangsaan,dan kemanusiaan.peran mahasiswa yang disampaikan oleh Pak Dedi adalah mahasiswa merupakan kunci membangun bangsa.mahasiswa pula merupakan kekuatan kompetensi persaingan global.untuk itu,mahasiswa harus memiliki pandangan yang jauh ke depan
Materi 6 :klinik unila
Di sesi ini saya mendapatkan presentasi dari tim klinik UNILA.kami dijelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang ada di klinik UNILA.kami dijelaskan tentang benefit dari berobat di klinik UNILA.kami pula direkomendasikan untuk memindahkan faskes BPJS ke Klinik UNILA untuk memudahkan kami ketika berobat di klinik UNILA.saya harap dapat membantu Saya dan teman-teman saya mengatasi masalah kesehatan selama berkuliah.
Day 2 (16 Agustus 2024)
Pada Hari itu kami,Para mahasiswa baru berkesempatan berkenalan dengan pimpinan-pimpinan yang ada di Universitas Lampung.kami berkenalan dengan rektor dan jajarannya,kami berkenalan dengan dekan dan jajarannya,baik dari fakultas kami ataupun fakultas lainnya,selain itu kami juga
Kepala biro-biro yang ada di Universitas Lampung. Biro-biro ini yang nantinya akan melaksanakan tugas harian dan membantu para mahasiswa di universitas Lampung.
Selain itu,kami, para mahasiswa baru juga dikenalkan dengan UKM tingkat Universitas yang ada di Universitas Lampung.ini adalah bagian terbaik saat pkkmb tingkat universitas kemarin menurut saya.kurang lebih ada sekitar 48 UKM yang ditampilkan.ini adalah hal yang tepat.karena selain menimba ilmu,para mahasiswa juga dapat mengembangkan minat dan bakat dengan adanya UKM-UKM ini.saya harap dengan adanya UKM ini,saya dan mahasiswa baru lainnya dapat meningkatkan minat dan bakat kami disaat bangku perkuliahan nanti..
0 Comments